Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata Mutiara Salaf Tentang Keutamaan Sholat Malam

Keutamaan sholat malam 

 Salat malam atau salat tahajud ini mempunyai keutamaan yang besar yakni yang pertama adalah orang yang melaksanakan salat tahajud akan diberikan tempat terpuji dan mulia disisi Allah subhanahu Wa ta'ala.

Dalil Al Quran Tentang Sholat Malam

“Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ : 79)

 Juga pada ayat lain, di Quran Surat Adzdzariyat 51: 15-18 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).”  (Adh-Dhariyat 51: 15-18)

Hadits tentang sholat malam 

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang bangun malam lalu membangunkan keluarganya hingga shalat dua rakaat, mereka akan dimasukkan ke dalam golongan laki-laki dan perempuan yang banyak ingat Allah SWT.” (HR. Abu Dawud, Nasa’i, dan Ibnu Majah dari Abu Sa‘id Al-Khudri)

Kata mutiara dari seorang salaf, tentang sholat malam

قال الإمام ابن القيم :"قِيامُ اللَّيلِ مِن أنفع أسباب حِفظ الصِّحة، ومن أمنعِ الأمور لكثيرٍ مِن الأمراض المُزمِنة، ومِن أنشط شيءٍ لِلبدن والرُّوحِ والقلب"
 
Berkata : 'Imam Ibnu Qayyim: Shalat malam termasuk sebab, bermanfaat menjaga kesehatan, termasuk hal yang mencegah untuk banyak penyakit kronis, termasuk hal yang mengaktifkan badan, ruh dan kalbu.
 

| زاد المعاد / ٢٢٧/٤