Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Takdir Seorang Hamba Jika Dia Dikehendaki Menjadi Orang baik

Takdir Seorang Hamba Jika Dia Dikehendaki Menjadi Orang baik

Seseorang itu akan dimudahkan menuju apa apa yang dia kerjakan. Menjawab pertanyaan apakah jodoh mati Rizki sudah ditakdirkan? Ataukah jodoh itu dan rezeki itu tergantung usaha dan kesungguhan seseorang dan adakah dalilnya?

Dijawab oleh Al Alamah Syaikh Al Utsaimin rahimahullah:

Yang artinya: Sejak Allah ta'ala menciptakan qolam / pena maka segala sesuatu yang akan terjadi sampai Yaumul Qiyamah sudah ada catatannya di Lauhul Mahfudz. 

Karena Allah Azza wa Jalla berkata kepada pena uktub / tulislah! Lalu pena bertanya: wahai rabbku apa yang yang aku tulis?
Tulislah apa saja yang akan terjadi demikianlah Allah berfirman. Kemudian berjalanlah pena untuk menuliskan segala apa yang yang akan terjadi hingga hari Akhir.


Ada juga kabar dalam hadits shahih Bukhari dan Muslim dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang menerangkan bilamana usia janin dalam kandungan ibunya telah berusia 4 bulan maka Allah Azza wa Jalla memerintahkan malaikat meniupkan ruh pada janin selalu untuk kemudian ditulislah rezeki, amal, ajal serta sengsara atau bahagianya.


قَالَ شَيخُ الإسلامِ ابنُ تَيميَّة - رَحِمهُ الله - ؛« إذَا أرادَ الله بِعَبدٍ خَيراً أَلهَمَهُ دُعاءَهُ والاستِعَانَةُ بِه، وَجَعَلَ استِعانَتَهُ وَدُعاءَهُ سَبباً للخَيرِ الذي قَضَاهَ لَه » 
 
Berkata :" Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah: "Jika Allah menghendaki kebaikan bagi hamba, diilhamkan ia untuk berdoa dan mohon pertolongan dengan,Nya, dan menjadikan doa dan isti'anahnya, sebab kebaikan yang ditakdirkan baginya.
 
 | اقتِضَاءُ الصِّراط المُستَقِيم - ٢٢٩ / ٢.
 
 
 
 
 
Sent by Okikpress